Don't Miss

Ekstrakurikuler Tari di SMA GAMA Yogyakarta, jadi sarana tepat bagi siswa salurkan bakat dan pembentukan karakter

Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan pendidikan dapat meningkatkan kecerdasan dan ketrampilan. Pendidikan juga memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk suatu pribadi bangsa yang tidak hanya cukup dengan kecerdasan tetapi diimbangi juga dengan karakter baik sesuai norma-norma yang berlaku.

Sekolah merupakan wahana bagi setiap anak bangsa sebagai proses pembentukan karakter, tidak cukup dengan banyaknya pembelajaran dengan materi pelajaran yang diberikan, adanya suatu kegiatan ekstrakurikuler juga sangat berpengaruh dalam membantu pembentukan kepribadian karakter pada peserta didik.

Kegiatan ekstrakurikuler dapat membantu berbagai pengembangan peserta didik baik minat, bakat, serta potensi yang dimiliki. Zaman era modern seperti ini kegiatan ekstrakurikuler masih selalu menjadi prioritas pertama diluar jam sekolah, ada beberapa ekstrakurikuler yang disediakan di SMA GAMA salah satunya adalah ekstra tari yang sangat digandrungi para peserta didik perempuan.

Ekstrakurikuler tari bertujuan untuk memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berekspresi, berapresiasi, berkreasi, membentuk harmoni, dan menciptakan keindahan. Dengan demikian, mereka dapat membekali diri dengan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang baik.

Ektrakurikuler tari diharapkan mampu mengakomodir keberagaman masing-masing individu peserta didik maupun keragamaan budaya masing-masing daerah, serta budaya nasional dalam rangka menyikapi arus globalisasi. Berbagai macam tarian diajarkan kepada seluruh peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler, mulai dari tarian tradisional, tari daerah bahkan tarian modern. Kegiatan ini juga dapat menumbuhkan sikap toleransi sesama siswa dan dapat memberikan pengalaman serta kepedulian peserta didik akan keberagaman kultur.

Dengan adanya ekstrakurikuler tari di SMA GAMA ini juga dapat merangsang peserta didik untuk berkreativitas, yaitu kreatif dalam berkreasi dengan berbagai gerak-gerak yang bervariasi. Dan diharapkan kegiatan ekstrakurikuler tari ini dapat mengundang banyak manfaat agar siswa mempunyai tingkat kesadaran yang tinggi bahwa kegiatan ekstrakurikuler sangatlah penting, baik untuk tingkat kecerdasan yang dimiliki serta pola karakter yang dibentuk, sehingga siswa mempunyai jiwa semangat besar dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.  Selain itu untuk menyadari akan pentingnya pengetahuan akademik maupun non akademik, pihak sekolah mendukung penuh dan mengadakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler di SMA GAMA Yogyakarta yang membangun perkembangan kreativitas dan membentuk pribadi karakter peserta didik yang baik. Dengan demikian, manfaat yang didapatkan siswa menjadi jauh lebih luas. Mendalami dan menjaga budaya daerah, khususnya seni budaya tari. Dengan banyaknya kegiatan ekstrakurikuler bagi masing-masing siswa semoga mampu memilih antara yang sesuai dengan bakat, minat dan potensi yang mendukung dimasa depannya nanti.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

SMA TIGA MARET