Don't Miss

Pancasila Tetap Menjadi Panduan Bangsa Indonesia Dalam Masa Pandemi

Kenapa tanggal 1 Juni  diperingati sebagai Hari Lahir Pacasila?

Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1945.

Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal Pancasila pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan “Lahirnya Pancasila” oleh mantan Ketua BPUPKI Dr Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPKI.

Peringatan Hari Lahir Pancasila diperingati dengan suasana yang berbeda di tahun ini,  Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato peringatan Hari Lahir Pancasila di tengah pandemi COVID-19.

“Peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun ini kita laksanakan di tengah pandemi COVID-19 yang menguji daya juang kita sebagai bangsa, menguji pengorbanan kita, menguji kedisplinan kita, menguji kepatuhan kita, menguji ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat,” kata Jokowi, Senin (1/6/2020).

Jokowi kemudian menyampaikan rasa syukurnya. Ujian pada momen ini bisa dilalui. Pancasila tetap menjadi panduan Bangsa Indonesia dalam masa sulit ini.Jokowi berbicara dalam peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar secara daring melalui konferensi video, ditayangkan oleh kanal YouTube Sekretariat Presiden RI. Hadir dalam peringatan secara virtual ini, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan para menteri.

“Kita bersyukur bahwa Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan kita semuanya, menggerakkan persatuan kita dalam mengatasi semua tantangan, menggerakan rasa kepedulian kita untuk saling berbagi, memperkokoh persaudaraan dan kegotong-royongan kita untuk meringankan beban seluruh negeri, dan menumbuhkan daya juang kita dalam mengatasi setiap kesulitan dan tantangan yang kita hadapi,” tutur Jokowi.

Mudah-mudahan ”Lahirnya Pancasila” ini dapat dijadikan pedoman oleh nusa dan bangsa kita seluruhnya dalam usaha memperjuangkan dan menyempurnakan Kemerdekaan Negara.” Pancasila sebagai ideologi negara adalah sebuah simbol dari keberagaman suatu bangsa. Dimana bangsa ini layak untuk selalu dihormati oleh dunia. Darinya lahirlah kami, ya kami Indonesia. Dan kami pula Pancasila.

“Selamat Hari Pancasila 1 Juni 2020. Mari amalkan butir-butir Pancasila di kehidupan sehari-hari, memupuk kerukunan dapat dimulai dari lingkungan terdekat, cinta keluarga, cinta sesama, dalam interaksi sosial bawa selalu semangat Pancasila.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

SMA TIGA MARET