Don't Miss

Sejarah

SMA Tiga Maret (GAMA) merupakan sekolah dengan segudang prestasi yang membanggakan dengan Akreditasi A. Proses berdirinya sekolah ini juga melalui proses yang panjang. Yayasan Gama ini didirikan oleh YPG didirikan pada tgl 3 bulan maret tahun 1982 oleh dosen-dosen senior dan guru besar UGM. Prosesnya sangat rumit dan sulit. Awalnya banyak ditolak. Selain dianggap terlalu idealis, juga tidak memiliki modal apa pun. Tetapi berkat tekad bulat para perintis SMA GAMA (Tiga Maret) akhirnya mantap berdiri. Dari semula yang sekolah hanya numpang gedung dan pindah-pindah sampai akhirnya mampu memiliki tanah yang sekarang ditempati.

Nama-Nama berikut setidaknya memiliki andil dan kontribusi yang kuat dalam rangkan pendirian SMA GAMA seperti: Prof.D rh. Eddy Mulyono,M.SA, P.hd. Drs. Suhardi Sigit, Ir. Murdijati Gardjito, Ir. Sri Wiodo, DR. Sofyan Effendy, MPA., Drs. Hans daeng, Dra. Tri Pudji Hartati, guru-guru terkenal dari SMAN 1, SMAN 3, SMAN 4, SMA de Brito, Dosen-dosen FH UGM, Filasafat UGM, Sospol UGM, Pertanian UGM, Teknik UGM, Ilmu Budaya UGM, Biologi UGM, Kedokteran UGM. Ekonomi UGM, FKH UGM, Dosen2 IKIP Negri , Alumni Sanata Dharma,dll.

Resmilah SMA Tiga Maret atau disingkat SMA GAMA bergerak mengarungi lautan luas perjuangan pendidikan. Grafik SMA Gama sejak berdirinya mengalami kemajuan dan peningkatan yang luar biasa. Seleksi masuk sampai dilakukan 2 gelombang. Pendaftaran calon siswa mencapai angka yang sangat bagus. Antara 800 sampai 1200 tiap tahun ajaran baru. Seleksi ketat pun dilakukan. Prestasi akademik maupun non akademik sangat membanggakan

Sekolah GAMA memiliki visi berdisiplin tinggi, berprestasi, terampil, kreatif berakhlak mulia dan berwawasan Global. Sedangkan misi yang menjadi dasar dari sekolah ini adalah melaksanakan pembimbingan, pembelajaran dan pengembangan potensi akademik maupun non akademik secara optimal, pembekalan ketrampilan supaya mandiri pembelajaran. Tujuan dari sekolah ini adalah meningkatkan prestasi akademik dan non akademik melalui pencapaian nilai ujian akhir dan prestasi di bidang lain (keagamaan, kesenian, olahraga, dan karya ilmiah remaja) meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa, meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa. Mengembangkan kedisiplinan dari seluruh komponen sekolah (stakeholder) untuk membentuk kepribadian yang tangguh dan kokoh. Dengan berbagai fasilitas dan ekstrakurikuler seperti gedung bertingkat, Multimedia, Laboratorium IPA, Komputer, Bahasa Inggris, Studio Musik, Lapangan Basket, Laboratorium Bahasa, Perpustakaan, Modern Dance, Studio Band.

Dalam hal prestasi SMA Tiga Maret juga mampu memperoleh prestasi yang membanggakan. prestasi yang pernah diraih adalah juara umum renang antar pelajar Jateng-DIY, Juara menembak Air Riple Open Tournament, juara III Renang tingkat nasional, juara I Dance Yamaha Freak dance competition, juara II Modern dance Competition, juara III English Speech contest DIY, Juara cerdas cermat KLH, Juara lomba pidato pemuda Anti Narkoba Prop. DIY, Perenang terbaik DIY , Juara I Popda dan masih banyak prestasi yang membanggakan yang di dapatkan oleh sekolah ini.

SMA TIGA MARET