Don't Miss

Bekali Kemampuan Wirausaha Melalui Mulok Pertanian

Bekali Kemampuan Wirausaha Melalui Mulok Pertanian

SMA GAMA sebagai salah satu sekolah swasta favorit di Yogyakarta membekali peserta didiknya dengan keterampilan Pertanian. Keterampilan ini menjadi salah satu ciri khas atau program unggulan SMA GAMA dibawah naungan Yayasan Pendidikan GAMA (YPG), agar alumninya setelah lulus bisa mandiri, dan memiliki jiwa wirausaha.

materi-bioteknologi-pertanian-sma-kelas-12

materi-bioteknologi-pertanian-sma-kelas-12

Dalam mulok pertanian banyak dijarkan materi pengembangan usaha budidaya tanaman dan juga diajarkan Bagaimana membuka usaha dari pengolahan hasul budidaya pertanian yang mampu menghasilkan nilai ekonomis yang menjanjikan karena salah satu jalan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan harga jual komoditi pertanian adalah dengan mengolahnya terlebih dahulu. Produk – produk olahan komoditi pertanian biasanya memiliki banderol harga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan harga produk komoditi pertanian yang masih mentah. Dalam mulok pertanian diajarkan juga cara bisa sukses dalam suatu wirausaha dengan dibekali materi Perencanaan produk, Perencanaan pemasaran, Perencanaan teknis usaha, Perencanaan manajemen usaha Perencanaan sosial dan lingkungan usaha serta yang tak kalah penting adalah Perencanaan finansial usaha . ketrampilan ini menjadi sangat penting sebagai bekal peserta didik setelah lulus dari SMA tutur Drs.Gunardi selaku guru mulok pertanian

Sementara kepala Sekolah SMA GAMA Dra.Sun Lestari M.Pd.mengungkapkan menghadapi persaingan pasar bebas yang akan mulai diberlakukan dalam beberapa tahun kedepan, maka program kewirausahaan yang terdapat dalam mulok pertanian sangat penting sebagai bekal siswa . Dengan bekal pengetahuan tersebut setelah tamat nanti mereka diharapkan dapat memanfaatkannya untuk melakukan usaha secara mandiri, sehingga mereka tidak perlu sibuk melamar pekerjaan kesana-kemari dengan menyodorkan ijazah mereka. Kalau pendidikan kewirausahaan ini berhasil, maka akan muncul wirausahawan-wirausahawan baru yang memberikan kesempatan kerja kepada orang lain sehingga dapat menyerap banyak tenaga kerja. Dengan demikian maka secara tidak langsung akan dapat mengurangi angka pengangguran dan membantu pemerintah dalam mengembangkan dan memperkuat perekonomian negara. Oleh sebab itu mulok pertanian menjadi program unggulan yang terus diajarkan kepada siswa-siswanya sehingga nanti akan banyak lahir wirausahawan-wirausahawan muda yang tangguh an mandiri yang sangat dibutuhkan untuk membangun negeri tercinta ini.

Penulis ; Siti Maryati,S.Pd./Guru SMA GAMA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

SMA TIGA MARET