Don't Miss

Makna 38 Tahun Bagi SMA GAMA Yogyakarta

Tanggal 3 Maret 2020 kemarin adalah hari ulang tahun SMA GAMA Yogyakarta yang ke 38 tahun.  Angka 38 untuk ukuran usia bisa dibilang adalah usia dewasa. Jika diibaratkan manusia, angka 38 tahun adalah angka dimana manusia tersebut dapat dikatakan sebagai orang yang sudah berpengalaman, orang yang sudah cukup makan asam garam kehidupan. Begitupun juga bagi SMA GAMA Yogyakarta, diusia 38 tahun SMA GAMA Yogyakarta merupakan salah satu sekolah yang sudah mempunyai banyak pengalaman dalam mendidik siswa-siswinya. Banyak hal yang sudah dilalui oleh SMA GAMA dalam perjalanan 38 tahunnya, ada masa kejayaan ada pula masa dimana SMA GAMA Yogyakarta mengalami kemunduran.

SMA GAMA Yogyakarta adalah salah satu sekolah swasta di kawasan tengah kota Yogyakarta. Berada di lokasi yang sangat strategis membuat SMA GAMA merupakan sekolah yang banyak diminati tak hanya oleh masyarakat Yogyakarta tetapi juga masyarakat diluar pulau Jawa. Pada mulanya tanah yang ditempati oleh SMA GAMA Yogyakarta adalah laboratorium pertanian milik UGM. Laboratorium ini didirikan untuk dosen UGM yang sedang mengadakan riset tanaman padi. Karena tanahnya yang cukup luas, para dosen UGM ini mempunyai ide untuk mendirikan sebuah sekolah. Tujuannya adalah untuk ikut serta dalam usah mencerdaskan kehidupan bangsa. Kemudian pada tahun 1982 didirikan lah SMA GAMA Yogyakarta. Melalui proses yang cukup panjang akhirnya SMA GAMA menjadi salah satu SMA yang cukup diminati oleh masyarakat.

Banyak hal yang telah terjadi dalam 38 tahun ini, ada masa ketika SMA GAMA Yogyakarta dikategorikan sebagai sekolah besar dengan jumlah siswa yang banyak, namun ada juga masa ketika SMA GAMA mengalami kemunduruan ketika jumlah siswa bahkan tak mencapai angka 100 siswa. Semua hal dilalui oleh SMA GAMA Yogyakarta dan semua stakeholder berusaha dengan sekuat tenaga untuk mengembalikan SMA GAMA Yogyakarta kemaa Kejayaannya.

Banyak faktor yang mempengaruhi kemunduran SMA GAMA. Ada faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal yang cukup berdampak pada SMA GAMA adalah ketika sebagian tanah SMA GAMA Yogyakarta diklaim kepemilikannya. Proses hukum pengklaiman tanah SMA GAMA Yogyakarta ini cukup menyita perhatian public dan membuat nama SMA GAMA Yogyakarta menurun drastis dikalangan masyarakat. Banyak masyarakat sekitar yang mengira jika SMA GAMA Yogyakarta sudah tidak beroperasi lagi. Untunglah masalah ini sudah diselesaikan secara hukum dan SMA GAMA Yogyakarta memiliki ijin resmi untuk menjalankan kegiatan pembelajaran.

Selain faktor eksternal, ada beberapa faktor internal yang juga terjadi pada SMA GAMA dan berdampak cukup signifikan pada proses kelangsungan SMA GAMA. Pergantian manajemen yayasan membuat SMA GAMA sempat mengalami naik turun, dan berdampak pada turunnya jumlah siswa yang masuk secara signifikan. Hal ini tentu saja tidak membuat Stakeholder SMA GAMA berdiam diri. Banyak usaha yang sudah dilakukan untuk memperbaiki hal ini salah satunya adalah dengan mengganti dan memperbaiki manajemen di dalam yayasan. Selain perbaikan manajemen, sekolah juga melakukan peningkatan mutu sarana dan prasarana sekolah.  Selain peningkatan mutu sarana dan prasarana, SMA GAMA Yogyakarta juga sangat gencar dalam melakukan kegiatan promosi. Hal ini dilakukan untuk menepis anggapan masyarakat bahwa SMA GAMA Yogyakarta telah tutup dan tidak beroperasi lagi. Kegiatan promosi juga diharapkan dapat mengembalikan kepercayaan  masyarakat terhadap SMA GAMA Yogyakarta agar SMA GAMA kembali mendapatkan kejayaan seperti dulu.

#JayalahSMAGAMA

 

Info pendaftaran :

SMA GAMA Yogyakarta sudah membuka pendaftaran peserta didik baru tahun 2020 dan Pindahan kelas XI  dan XII tahun pelajaran 2020/2021.

SMA GAMA yogyakarta Menerima :

  1. Peserta Didik Baru
  2. Peserta Didik Pindahan Kelas XI dan XII
  3. Seniman Profesional
  4. Olahragawan Profesional

Persyaratan Pendaftaran Peserta Didik Baru :

  1. Pendaftaran secara online dapat di akses melalui https://forms.gle/iiR6uxZQwmfSruCRA
  2. Membawa Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)
  3. Pas foto 3×4 sebanyak 2 lembar
  4. Fotocopy rapor semester 1 sampai 4 ( dan atau semester 5)
  5. Fotocopy kartu keluarga
  6. Belum menikah dan usia maksimal 21 tahun
  7. Menerima peserta didik SMP lulusan tahun 2017-2020
  8. Kelengkapan lain menyusul setelah daftar ulang

Penerimaan Pindahan Peserta Didik : 

  1. Kelas XII : sampai dengan bulan Desember 2020
  2. Kelas XI   : sampai dengan April 2021
  3. Kelas X     : sampai dengan bulan April 2021 setelah semester I, karena kepindahan tugas orang tua

Persyaratan Peserta Didik Pindah Sekolah : 

  1. Surat keterangan pindah sekolah dan telah direkomendasikan dari Dinas Pendidikan setempat
  2. Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) dari sekolah asal
  3. Surat keterangan formasi kelas
  4. Validasi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dari Dinas Pendidikan setempat
  5. Rapor asli dan fotocopy
  6. Fotocopy ijasah dan menunjukkan yang asli
  7. Fotocopy SKHUN dan menunjukkan yang asli
  8. Fotocopy Kartu Keluarga/ C1
  9. Surat keterangan bebas narkoba dari rumah sakit umum/ daerah bagi siswa pindahan dari luar Kabupaten/ Provinsi
  10. Surat perwalian dari Notaris, khusus bagi yang ikut wali
  11. Surat pindah tugas orang tua (PNS, POLRI, TNI)
  12. Dari Luar Negri dilampiri hasil penilaian kesetaraan yang ditetapkan oleh Kemendikbud

Daftar ulang bisa langsung datang ke SMA GAMA Yogyakarta https://goo.gl/maps/SLb6b2SLKZr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

SMA TIGA MARET