Don't Miss

Persiapan UNBK Dimulai

SMA GAMA Yogyakarta mengadakan beberapa tahap simulasi terhadap peserta didik kelas XII, baik dari program studi MIPA atau IPS diharapkan mampu mengikuti ujian nasional berbasis komputer sesuai aturan yang berlaku.

Tahun 2019 merupakan tahun ke-3 SMA GAMA Yogyakarta mengadakan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Supaya siswa tidak kaget dengan pelaksanaan UNBK maka sejumlah persiapan pun dilakukan. Termasuk persiapan pelaksanaan simulasi. Hal ini dilakukan agar  semua pihak, terutama siswa dapat memahami semua proses UNBK.  Simulasi ini nantinya untuk uji coba bahwa sarana dan prasarana (sarpras) siap digunakan untuk ujian. Dalam simulasi ini juga untuk pengenalan agar siswa terbiasa dengan aplikasi yang digunakan untuk ujian nantinya. Simulasi dilakukan untuk meminimalkan kendala yang kemungkinan dapat terjadi saat ujian.

Untuk persiapan simulasi UNBK dilakukan secara bertahap, dimulai dari pendaftaran dan pendataan jumlah peserta ujian. Selanjutnya akan dilakukan pengaturan server dan pembagian sesi. Simulasi akan dilakukan secara bertahap supaya protor dan teknisi serta siswa dapat memahami dengan benar sistem UNBK. Simulasi UNBK digelar pada tanggal 13-14 November 2019.

Ufriati Khasanah, S.Pd. selaku Wakasek Kurikulum memberikan angket kepada siswa kelas XII terkait mata pelajaran pilihan. Seperti diketahui, mata pelajaran yang diujikan dalam UN adalah bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris dan mata pelajaran pilihan. Mata pelajaran pilihan untuk siswa MIPA yakni, biologi, kimia, dan fisika. Sedangkan untuk siswa IPS yakni geografi, sosiologi, dan ekonomi.

Dengan memperhatikan evaluasi tahun sebelumnya akan meningkatkan layanan yang diberikan oleh pihak sekolah baik panitia, guru dan seluruh staff yang terlibat demi berjalannya simulasi UNBK. Peningkatan yang diharapkan adalah seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan serta tidak terdapat kendala dalam pelaksanaannya.

Seluruh guru dan staff SMA GAMA Yogyakarta berharap kepada siswa kelas XII yang akan mengikuti ujian untuk tetap fokus dan terus belajar serta berdoa agar dimudahkan dan dilancarkan dalam menjalani serangkaian ujian.

  

(Pelaksanaan Simulasi UNBK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

SMA TIGA MARET