Don't Miss

Pertemuan orang tua siswa kelas X dan XI

Pada hari Jumat, 30 Agustus 2019 SMA GAMA Yogyakarta mengadakan acara rutin, yakni pertemuan wali murid kelas X dan XI. Acara Pertemuan Wali Murid tersebut dilaksanakan di Aula SMA GAMA Yogyakarta, mulai pukul 13.00 – 15.30 WIB. Pertemuan orang tua siswa di awal tahun pelajaran penting dilaksanakan karena merupakan pembuka jalur komunikasi antara pihak sekolah dan pihak orang tua. Peranan orang tua siswa sebagai rekan guru dalam mendidik anak-anak tidak bisa dipisahkan. Tujuan pertemuan adalah untuk mensosialisasikan program Sekolah, tata tertib siswa, perkenalan guru serta wali kelas, dan pembentukan komite sekolah baru. Acara rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh Sekolah bertujuan untuk menjembatani antara pihak sekolah dengan orang tua siswa yang berhubungan dengan kebutuhan peserta didik baik itu mengenai kebutuhan pokok proses belajar mengajar maupun kebutuhan pendukung lain demi kelancaran proses belajar mengajar.

Antusiasme para Wali Murid SMA GAMA Yogyakarta nampak dari jumlah yang datang. Hal ini menunjukkan kepedulian para orang tua/wali murid kepada SMA GAMA Yogyakarta. Dalam pertemuan ini disampaikan beberapa materi yang menyangkut kemajuan dan perkembangan para siswa.

Ufriati Khasanah, S.Pd. selaku Wakasek kurikulum mengisi kegiatan pertemuan wali siswa dengan menjelaskan beberapa hal seperti :

  • Struktur kurikulum
  • Beban belajar peserta didik
  • Penilaian ketuntasan belajar peserta didik
  • Ketuntasan belajar peserta didik dalam menempuh pendidikan di SMA GAMA
  • Syarat kenaikan kelas

Dengan memaparkan program kurikulum diharapkan orang tua/wali dapat memantau perkembangan dan kemajuan anak-anaknya. Sehingga akan terjalin kerjasama yang baik antara pihak sekolah dan orang tua/ wali. Kalender akademik juga disampaikan supaya orang tua mengetahui jadwal kegiatan apa saja yang akan ditempuh pada kegiatan selama dua semester.

Materi selanjutnya juga disampaikan oleh Wakasek kesiswaan Laily Rochimah, S.Pd. yaitu :

  • Tata tertib sekolah
  • Perilaku disiplin
  • Tata tertib jam masuk sekolah
  • Tata tertib pemakaian seragam sekolah
  • Tata tertib rambut
  • Konsekuensi untuk siswa yang melanggar peraturan

Tidak hanya itu, kesiswaan juga menyampaikan rencana karya wisata ke Bali karena laporan hasil karya wisata yang berupa karya tulis ilmiah digunakan sebagai salah satu syarat pengambilan ijazah untuk kelas XII. Dengan memberitahu  tata tertib di sekolah maka diharapkan orang tua/wali juga ikut bekerjasama untuk menanamkan kedisiplinan pada diri siswa.

Kegiatan akhir ditutup dengan pembentukan komite sekolah baru yang langsung dipimpin oleh Dalono, S.Pd. selaku kepala sekolah SMA GAMA. Diharapkan melalui pertemuan ini,  guru dan orang tua dapat bersinergi dan mengembangkan komunikasi bersifat kekeluargaan dalam mendidik anak-anak. Apa yang dilakukan siswa disekolah perlu diketahui orang tua. Dan begitu juga sebaiknya, lingkungan keluarga siswa perlu diketahui guru untuk mengidentifikasi berbagai persoalan yang bisa muncul dalam perjalanan pendidikan nantinya.

Semoga guru dan orang tua dapat berjalan bersama dan bekerjasama dalam mendidik anak-anak generasi penerus bangsa.

   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

SMA TIGA MARET