Don't Miss

SATU POHON SEJUTA MANFAAT

Kepramukaan adalah proses pendidikan dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dalam pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Untuk mewujudkan generasi muda yang ulet maka pembelajaran tentang alam harus diberikan kepada pelajar melalui kegiatan kepramukaan salah satunya dengan  diterapkannya sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia.

Dengan pendidikan melalui kepramukaan di Sekolah akan bermanfaat bagi perkembangan siswa dalam berinteraksi dengan sesama siswa maupun dengan lingkungannya. Salah satu cara yang diterapkan bagi siswa SMA GAMA Yogyakarta untuk menumbuhkan rasa gotong-royong adalah dengan diadakannya kegiatan menanam pohon di Sky Lorejo Traning Camp IKC Indonesia di Dusun Selorejo  Desa Wukisari Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Berbagai macam acara diselenggarakan mulai dari sharing tentang PRB (pengurangan resiko bencana) yaitu penjelasan tentang cara mengatasi dan mencegah datangnya bencana, selain siswa SMA GAMA acara ini juga dimeriahkan RZ (rumah Zakat) dan mahasiswa UAD, dibimbing oleh kak Putu selaku kakak Pembina pramuka di SMA GAMA. Dalam acara sharing ini diharapkan menjadi wadah saling tukar pikiran, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan kegiatan bermain games. Para siswa saling memberikan pendapatnya dan berbagi pengalaman yang pernah mereka alami mengenai tanggap bencana alam.  Pengaruh mengikuti PRB berbasis games ini adalah untuk mengetahui bencana-bencana di sekitar kita seperti cara mencegah dan masih banyak hal positif yang di dapat dari mengikuti PRB berbasis games ini.

Setelah sharing, kegiatan dilanjutkan dengan menanam pohon bambu dan berbagai jenis tanaman lainnya di area IKC. Disana siswa belajar bergotong-royong dengan siswa lainnya mulai dari cara menanam pohon yang benar dan cara perawatannya. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mengajarkan kemandirian, kegigihan, keuletan, tanggungjawab, dan lain-lain.  ( Rafael Gaza)

 

 

(kegiatan menanam pohon)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

SMA TIGA MARET