Don't Miss

BERJUANG SEBAGAI PEMUDA MILLENIAL

Sebagai generasi millenial atau sebagai pemuda Indonesia merupakan salah satu tonggak yang paling kuat dalam pondasi Indonesia. Pemuda sebagai penggerak revolusi dan generasi penerus harus mempunyai semangat juang tinggi untuk bertindak demi kemajuan Bangsa.

Tepat pada tanggal 28 Oktober Sumpah pemuda diikrarkan sebagai bentuk perlawanan terhadap Kolonialisme Belanda sekaligus roh perjuangan untuk mencapai kemerdekaan Indonesia. “Berikan aku 10 pemuda, maka akan kuguncangkan dunia” perkataan Bung Karno yang tak asing ditelinga telah mengobarkan semangat para pemuda untuk berjuang merebut kemerdekaan.

Di era millenial, musuh kita bukan lagi penjajah dari kolonial Belanda, perjuangan kita bukan lagi merebut kemerdekaan Indonesia. Musuh kita saat ini berasal dari internal Bangsa Indonesia yang kini jelmaannya tak terlihat secara nyata. Seiring berkembangnya teknologi yang begitu pesat, semakin besar pula tantangan bagi pemuda untuk merawat semangat sumpah pemuda. Pemuda zaman dulu sibuk dengan gencatan senjata, namun pemuda zaman sekarang sibuk dengan social medianya. Pemuda yang dulu berteriak merebut kemerdekaan, namun pemuda sekarang banyak yang sibuk berteriak mencari kesenangan. Pemuda yang dulu bersenjata bambu runcing melawan penjajah, namun pemuda sekarang banyak yang sibuk bersenjata gadget meraih eksistensi diri.

Para pemuda seharusnya bisa merefleksikan semangat perjuangan pemuda saat itu ketika memegang tombak untuk meraih kemerdekaan. Salah satu perjuangan pemuda saat ini yaitu dengan menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan, karena di era globalisasi seperti sekarang, rasa persatuan tersebut bisa saja mengikis nilai persaudaraan jika kita tidak mampu memanfaatkan teknologi dengan benar, dan kurangnya rasa toleransi untuk menerima perbedaan. Padahal perbedaan adalah bagian dari kemajemukan bangsa Indonesia, dan menjadi alasan bersatunya Indonesia dalam Bhinneka Tunggal Ika.

Kita sebagai pemuda generasi baru harus mempertahankan  kemerdekaan yang telah diraih susah payah oleh para pemuda zaman dahulu dan mencontoh semangat para pemuda dahulu dalam merebut kemerdekaan untuk Indonesia. Generasi milenial harus menerapkan makna sumpah pemuda dalam dirinya, dan bersatu berjuang melawan  dan mengatasi permasalahan  yang dihadapi bangsa ini. Dengan menjadi pemuda yang berprestasi, cerdas dan kreatif. Kita sebagai generasi muda harus semangat dalam membangun negeri dan menghindari perpecahan Bangsa.

Bertanah air satu, tanah air Indonesia.

Berbangsa satu, bangsa Indonesia.

Berbahasa satu, bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

SMA TIGA MARET